Feeds:
Posts
Comments

MUTASI

Career

Career Path

Kata yang belakangan ini begitu sering terbang melayang dalam alam pikiran saya. Ya, waktu-waktu belakangan ini memang sungguh menyita pikiran dan emosi saya karena satu kata itu. Mutasi adalah suatu keharusan dalam suatu kantor, berlaku untuk semua karyawan tanpa pandang bulu, walau terkadang ada karyawan yang begitu menunggu-nunggu mutasi itu datang tapi tidak jarang banyak juga yang sangat menghindarinya karena merasa sudah berada dalam zona (ny)aman alias comfort zone.
mutasiD

Dinamika pekerjaan dan tanggung jawab kerja menuntut seorang karyawan untuk bisa selalu memberikan 100% usaha dan tenaganya demi kemajuan perusahaan atau instansi di mana dia bekerja. Untuk bisa mencapai level 100% ini secara kontinyu, diperlukan treatment maupun usaha baik itu berupa hal kecil nan rutin seperti hak cuti, family gathering, hingga adanya penyegaran lini karyawan dengan adanya MUTASI. Ya, inilah yang sedang melanda saya saat ini. Rasa jenuh itu pasti akan ada, melanda seorang karyawan, entah karena sang karyawan itu sendiri yang kurang bisa memotivasi diri untuk bisa tampil bekerja 100% untuk perusahaan maupun juga karena tuntutan tanggung jawab pekerjaan yang besar dan terkadang menjemukan.

 

mutasiE

Faktanya, waktu 5 tahun bukan lah waktu yang singkat untuk menggeluti bidang kerja di tempat yang sama. Mungkin tantangan, lingkup kerja dan tanggung jawab pekerjaan sudah berubah, namun itu tidak mengurangi kejenuhan yang semakin memuncak karena kurangnya penyegaran. Mutasi itu mutlak diperlukan untuk dapat memberi tantangan baru, memberi semangat baru, dan tentunya untuk mengakomodir kebutuhan sang karyawan yang mungkin saja ingin pindah ke lokasi kerja yang lebih dekat ke keluarga.

 

Setiap perusahaan mungkin memiliki treatment dan cara masing-masing untuk mengakomodir aspirasi dan kebutuhan karyawan nya akan mutasi. Mutasi sendiri bisa dikelompok kan sebagai mutasi atas keinginan karyawan ataupun mutasi karena kebutuhan perusahaan. Mutasi bisa diinisialisasi dari kebutuhan perusahaan, ataupun dari keinginan karyawan sendiri, yang biasa disebut sebagai mutasi atas permintaan sendiri. Tentunya keduanya memiliki sisi plus minus sendiri baik untuk perusahaan maupun untuk si karyawan. Dalam pelaksanaannya, setiap karyawan pasti memiliki tempat kerja impian, lokasi kerja yang dirasa paling nyaman untuk kebaikan keluarga maupun kesempatan untuk mengembangkan karir/peluang.

 

mutasiC

Adalah hak tiap karyawan untuk memilih lokasi kerja idaman masing-masing, dan hak perusahaan juga untuk menempatkan karyawannya sesuai dengan kebutuhan dan perkembangan perusahaan itu sendiri. Namun di luar itu semua, betapa indahnya jika bisa dicapai win-win solution antar kebutuhan perusahaan dengan kebutuhan pengembangan perusahaan. Outputnya jelas, perusahaan bisa memaksimalkan kinerja dan performa karyawannya, di sisi lain sang karyawan juga bisa menikmati bekerja dan nyaman dalam berkarir.

 

Semoga rekan sekalian sudah menemukan tempat kerja impian masing-masing, dengan lokasi kerja yang sudah nyaman dan sesuai dengan harapan. Doakan saya untuk bisa juga segera meraihnya :)

 

reality

Salam,

Riyantoro

Sore hari, jam kantor sudah menunjukkan jam 5 sore dan pantat para karyawan ini masih tetep aja nempel di kursi masing-masing :P

Kejar setoran lembur Gan!? Dalam hati bertanya-tanya, ternyata cek per cek ada ajakan karaoke rame-rame sore ini sekedar untuk stress release karena kebetulan ada rekan dari luar kota yang datang. Ya udah kami pun prepare untuk berangkat ke salah satu family karaoke di kota ini. Sebelum berangkat teman minta tolong untuk bayarin bookingan tiket pesawatnya menggunakan maskapai M**p*ti. Duh, dah minder duluan denger nama maskapai ini. Dia bilang dah coba pilih pemabayaran dari ATM pas booking via internet tapi gagal jadi dia pilih pembayaran pake KlikBCA dengan bantuan saya

Okelah, namanya teman kita bantu aja, toh harga tiket gak sampe sejuta :)

Singkat cerita user klikBCAku dimasukkin dalam transaksi pemilihan cara pembayaran tiket. Setelah itu munculah dalam transaksi KlikBCAku untuk dibayar. So far masih aman, kucoba bayar dech dengan klik transaksi tersebut. Tanda-tanda kurang beres mulai muncul, karena transaksi berlangsung lama dan tidak kunjung muncul respons dari web klikBCA. 5 menit, 10 menit tidak ada respons

Akhirnya setelah 10 menit lebih muncul respons tapi bukan yang ditunggu, respons yang muncul adalah respons error! Jreng jreng! Waduh ada apa nih, keterangan nya suruh hubungi call center maskapai bersangkutan. Coba dikonfirm sama temen saya, eh belum ada transaksi pembayaran juga katanya.

Akhirnya diputuskan untuk mencoba lagi karena tadi masih gagal. Akhirnya setelah dicoba, hasilnya tetap sama saja. Transaksi gagal alih-alih muncul notifikasi sukses :( Duh, gimana nih, akhirnya coba contact lg ke call center maskapainya dan ngotot bilang dah dibayar, si CS juga ngotot klo belum ada pembayaran, klo mau dia minta imelkan bukti transfernya. Wah, gimana nih gak ada bukti berhasil transfer yang kumiliki. Akhirnya kucoba cek transaksi history di klikBCA, eh ternyata sudah ada 2x potongan eee busyeet! Dua kali transaksi yang gagal tadi ternyata sudah sukses memotong saldo ku yang cuman seuprit itu.. Apess dah.. Gimana nih uang makanku bulan ini hahaha

Akhirnya diputuskan untuk capture dan imel bukti transaksi berupa pemotongan saldo di history transaksi tersebut ke CS maskapai itu. Paralel diputuskan juga untuk hubungi call center bank, tapi susahnya minta ampun. Ini sambil karaoke ini, coba terus hubungi CS bank di call centernya. Sial, ganggu waktu karaoke aja neh, jadi gak konsen nyanyi wkwkwk

Dah 3 jam jingkrat2 di room karaoke sama anak2, dan masih belum berhasil menghubungi si CS Weleh2… gak cuman ATMnya ajah yang antreee, call centernya juga anteree Capee dech… Akhirnya di perjalanan pulang coba terus telpon ke call center bank, dan berhasil! :) Setelah tersambung, nyesel juga karena dapetnya CS cowok hahaha. Akhirnya setelah prosedur identifikasi yang panjang dilalui, saya sampaiin lah keluhan potongan transaksi yang gagal tadi. si CS pun akhirnya create tiket dan berjanji uang akan kembali dalam waktu 3-5 hari maksimal. Memang harga tiket ga sampe sejuta tapi karena 2x terkena pemotongan ya kena sejuta lebih juga hahaha Oke dech, tunggu 3 hari lagi semoga bisa balik duit ane, ini duit makan sebulan cuy :p

Di balik itu, temen gw belum sukses juga membayar tiket pesawatnya Zzzzz…. Pelajaran yang bisa diambil dari sini, klo transaksi online pembayaran tiket pesawat silahkan liat-liat dulu maskapainya, so far pembayaran online maupun pake CC online untuk maskapai Gar**a dan L**n siy lancar, ini pertama kalinya membayar tiket pesawat M**p*ti dan ternyata gagal. Entahlah apakah system si maskapai ini yang sedang mengalami gangguan ataukah system bank yang ngadat, yang pasti ini merugikan pelanggan itu sendiri. Semoga bisa menjadi bahan pelajaran kita bersama agar lebih berhati-hati dalam bertransaksi. Booking tiket dan pembayaran secara online memang praktis dan cepat, namun booking di travel agent dan membayar cash/via transfer bank masih jauh lebih aman walaupun konsekuensinya lebih lama dan sedikit lebih repot :)

Salam,

Riyantoro

Jakarta Kota Metropolitan

Bulan Desember 2012 lalu, selama hampir sebulan saya off dari pekerjaan saya karena ada training dari kantor dan disambung dengan cuti tahunan. Selama itu saya tinggal di rumah dan bolak balik ke tempat training di jalan MT Haryono (bukan di kantor pusat di Jalan Gatsu :)).

Nah selama bolak balik itu saya naik KRL dan kemudian disambung dengan naik angkutan perkotaan alias angkot. Di situlah saya melihat perjuangan orang-orang Jakarta ini untuk berjuang menuju tempat kerja masing-masing. Berat ya kerja di kota metropolitas begini :) Mau bawa kendaraan sendiri koq macet minta ampun hehe

Berikut salah satu momen ketika para penumpang berebut untuk naik ke kereta.

Berebut naik kereta

Berebut naik kereta

Klo terlambat masuk kereta bisa berdiri sepanjang jalan, bahkan ada yang nekad naik di atas atap kereta
Pemandangan yang lumayan menarik dan sekaligus miris di hati. Di daerah mau ke tempat kerja naek motor aj 10 menit sampai dengan selamat dan ga perlu desak-desakan. Di sini jam kantor jam 8 klo kita naek kereta, jam 6:15 ato paling telat jam 6:30 dah harus berangkat ke stasiun untuk mengejar kereta jam 6:45

Itulah salah satu pembeda kerja di kota besar dan di daerah. Semua ada plus minusnya, bagi tiap orang pun akan berbeda-beda

Unik dan Lucu

IMAG0132

Salah satu momen yang berhasil saya dokumentasikan di salah satu tempat makan di Pematang Siantar
Lucu juga ya handphone karyawan disita karena kedapatan bermain hape ketika jam kerja :)
Bisa kasih pembelajaran ke pelanggar aturan dan sekaligus teman-teman nya sih hehe
Lucu…

Mamboro

Beberapa penampakan alam yang berhasil diabadikan dengan menggunakan kamera hape.
Sorry klo kualitasnya kurang oke :)

Mamboro View 1

Mamboro View 1


Penampakan dari atas bukit Teletubbies di belakang gedung POLDA Sulteng yang terbengkalai

Teluk Palu 2012

Teluk Palu 2012

Pantai Tanjung Karang dari atas udara\
Di ambil dari penerbangan Garuda Indonesia
Maskapai penerbangan ini melayani penerbangan ke Palu 2x sehari yaitu masing-masing berangkat dari Palu jam 7 pagi dan jam 16:00 sore. Ini rute hingga Februari 2013 ya :)

IMG00912-20120102-1434

IMAG0326

IMAG0649

Ini adalah air terjun Wera di kecamatan Marawola, salah satu kecamatan yang hobby berperang di kabupaten Sigi Sulawesi Tengah. Semoga aman dan tidak ada kerusuhan antar warga lagi dech
Damai itu indah man… :)

Pantai Tanjung Karang

Alone at beach
Perahu nelayan tertambat di pantai dengan pasir putih

Teluk Palu 2012

Teluk Palu 2012


Pantai Tanjung Karang dari udara

@Mantikole

Siapakah Yang Kaya?

Hidup bersahaja penuh cinta


Adalah suatu cerita di masa kuliah saya dulu..
Sebenarnya ini cerita yang dialami istri saya, tetapi sungguh menyentuh buat saya sendiri. Oleh karena itu saya berniat untuk menuangkan dalam blog saya, sekedar sebagai pengingat dan juga pembelajaran buat kita semua. Kisah ini tentang kesederhanaan, tentang kebaikan yang semakin mahal dewasa ini

Kira-kira pertengahan tahun 2006 lalu, ketika kami masih menuntut ilmu di kota gudeg, Jogjakarta. Saya dan istri saya sama-sama mengambil mata kuliah Teknik Elektro di Mbulak Sumur, walau beda tahun masuk tetapi ilmu yang ditekuni masih sama. Kampus saya ini terkenal meluluskan insinyur-insinyur bidang ketenagaan, walaupun saya lebih memilih untuk menekuni bidang arus lemah. Nah, karena terkenal meluluskan ahli2 di bidang power, maka alumni yang bekerja di perusahaan listrik pun lumayan bejibun hehe. Suatu ketika si BUMN lampu itu punya pekerjaan untuk melakukan pembaharuan data pelanggan di area nya. Saya lupa, Jogja itu masuk wilayah APJ brapa tetapi akhirnya ada ada proyek untuk melakukan pendataan di tiap kelurahan. Karena wilayah yang luas maka tenaga para mahasiswa ini dikerahkan sekalian menambah jam terbang untuk bersosialisasi dengan masyarakat langsung lah :)

Saya pun tertarik untuk mengikuti proyek tersebut dan kebetulan saya mendapat area Kabupaten Mbantul :D
Saya kebagian untuk mendata 1 kelurahan yang terdiri dari 22 dusun! Uhuuy… lumayan juga banyak yach…
Trus, perkampungannya juga luas banget euy… Jadi harus muter-muter dech untuk mengambil data ke tiap kampung. Ada yang kampung di pinggir jalan besar, tetapi ada juga kampung yang terletak di atas pegunungan. Klo hujan tidak bisa tembus sampai di lokasi. Karena data yang dibutuhkan lengkap, dari data pelanggan, hingga pemakaian daya di rumahnya, maka saya harus menyisir tiap rumah yang menjadi sampel pendataan beban puncak.

Dari situlah inspirasi cerita ini berasal. Saya mendapatkan lokasi di pos penjagaan TNI yang menjaga kilang PERTAMINA. Ini adalah pos kecil di seberang kilang minyak di mana ada 2 personel TNI yang berjaga bergantian siang malam,melakukan patroli untuk mengamankan aset negara. Teman saya yang lain ada yang bertugas di industri kecil, sekolah, kantor, rumah tangga, dan ada juga yang bertugas di pos polisi.

Lokasi penugasan yang berbeda ini menghasilkan cerita yang berbeda-beda juga. Cerita dari saya lebih berkutat di bagaimana keseharian prajurit TNI yang bertugas di daerah terpencil dengan segala keterbatasannya. Mereka adalah para pejuang yang rela berkorban demi tugas negara, meninggalkan anak istrinya. Cerita kawan saya lain lagi, dari penuturan yang saya peroleh ada beberapa yang menggembirakan namun ada juga yang tragis. Di tempat saya sendirisangat welcome sehingga saya bisa melakukan survey dengan nyaman.

Ada pengalaman kawan saya di tempat lain, di suatu rumah tangga kelas atas sehingga tergooong tarif mahal. Apa yang dia dapat, dia diusir satpam lengkap dengan anjing penjaganya. Sungguh kasihan, padahal maksud kedatangan kami baik adanya. Kawan saya yang lain yang mendatangi pelanggan kelas tarif 450 VA, mendapati rumah yang disurvey hanya rumah kecil yang dihuni oleh 2 petani dengan kondisi apa adanya. Tapi ternyata justru dari kesederhanaan itu memunculkan sambutan hangat dan ramah. Dia disambut seperti tamu besar, dia dijamu dan diperlakukan dengan sangat baik sampai-sampai kawan saya ini merasa tidak enak karena seakan-akan merepotkan keluarga itu.

Di sinilah terletak perbedaan antara si kaya dan si miskin
Lalu, sebenarnya siapa yang kaya dan siapa yang miskin?
Di rumah mewah tadi kawan yang bertugas diusir, dicaci maki dan dihina tetapi kawan saya yang bertugas di gubug tua begitu disambut dengan ramah dan penuh kehangatan
Siapakah sekarang si Kaya?

Salam,

Riyantoro

Persiapan Lebaran

Setiap tahun, ada event besar yang senantiasa ditunggu dan ditunggu oleh operator telekomunikasi di Indonesia.
Ada dua event besar yg paling ditunggu dan disiapkan baik-baik karena menyangkut masalah revenue dan persaingan gengsi untuk dapat memberikan pelayanan voice, video, dan data yang paling memuaskan kepada pelanggan.

Kedua event besar itu adalah Lebaran dan Tahun Baru. Lebaran, event hari besar salah satu agama di Indonesia memang membuat distribusi traffic jaringan telekomunikasi berubah dengan drastis. Distribusi traffik yang semua terkonsentrasi di kota-kota besar terdistribusi secara tidak merata ke pelosok-pelosok tanah air. Yang jelas sepanjang jalan mudik, terminal, bandara, dan pelabuhan akan kebanjiran trafik baik komunikasi suara maupun data. Untuk trafik video walaupun terjadi peningkatan sejauh ini masih bisa dikatakan tidak terlalu tinggi tingkat pertumbuhannya. Hari raya agama mayoritas di Indonesia ini memang menuntut masing-masing operator untuk berpikir ekstra menyelamatkan jaringan dan memberikan pelayanan yang terbaik kepada pelanggannya.

Event sekali setahun ini selalu dipersiapkan dengan baik oleh tiap operator baik dari sisi network, sampai pada sisi marketingnya. Dari sisi network yang jelas akan semakin dioptimalkan coverage dan kapasitas jaringan di sepanjang jalan yang dilalui pemudik. Kapasitas kota-kota tujuan mudik pasti menjadi perhatian utama peningkatan kapasitas jaringan, operator juga memastikan pengamanan kualitas jaringan dengan melakukan optimasi, drive test dan test call di seluruh jaringan nya. Di sisi marketing, ritual mudik para pelanggan digunakan dengan sebaik-baiknya untuk melakukan promosi, program CSR, sampai pada hard selling untuk meningkatkan revenue dan customer base.

Tidak dapat dipungkiri bahwa Lebaran menjanjikan trafik komunikasi terbesar, bahkan mungkin hanya event pergantian tahun saja yang bisa mengimbangi besarnya lonjakan trafik panggilan suara maupun komunikasi data bagi masing-masing operator ini.

Dari sisi network, apa saja yang biasa dilakukan? Mari kita lihat dan pelajari bersama, semoga sedikit memberi gambaran. Untuk mengantisipasi lonjakan traffic, operator biasanya melakukan upgrade kapasitas:

1. Trunk Capacity
2. Air Interface Capacity
3. Power Capacity

Itu gambaran secara garis besar, namun sebenarnya banyak persiapan kecil lain yang mengiringi persiapan menyambut Lebaran dan Tahu Baru. Semua kapasitas ditambah dengan satu tujuan, mengantisipasi lonjakan traffic dari pelanggan baik itu voice, sms, mms, dan saat ini yang menjadi trend baru adalah data. Semua harus diperbesar, semua harus diperlebar karena yang akan melewati juga membesar secara signifikan, ya jalan tolnya akan digunakan secara simultan bersamaan.

Strategi yang ditempuh tiap operator berbeda-beda tetapi secara garis besar sebenarnya sama, satu tujuan utama adalah memerangi apa yang disebut blocking, sehingga attempt-attempt pundi-pundi pulsa tidak ditolak oleh jaringan karena keterbatasan kapasitas jaringan. Spot-spot strategis pun ditentukan sebagai sasaran pengembangan jaringan.

Sudah siap kah jaringan Anda? Silahkan dicek sendiri-sendiri

Salam,

Riyantoro

NB: Postingan ini sudah diketik jauh hari ( sekitar September 2010) namun terus mengendap di Draft karena saya selsu lupa untuk melengkapi dan mem-postingnya :)

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 45 other followers